34 Ungkapan yang Dapat Digunakan Pada Hari Ulang Tahun

Akhir-akhir ini, kita dapat dengan mudah untuk berhubungan dengan teman yang berada jauh dari kita, sebagai contoh kita dapat menggunakan Facebook untuk mengirimi sebuah pesan ucapan ulang tahun dalam Bahasa Inggris. Pada umumnya, kita akan mengucapkan “Happy Birthday” sebagai ucapan ulang tahun yang utama. Tapi, pernahkah kalian berpikir untuk menambahkan beberapa pesan lainnya selain kalimat itu? Semoga kalian dapat menambah beberapa pesan lainnya ke dalam ucapan ulang tahun dalam Bahasa Inggris.



Saat ini Engoo akan memperkenalkan kepada kamu beberapa ungkapan yang bisa kamu gunakan untuk memberi ucapan ulang tahun!

34 Ucapan Ulang Tahun Dalam Bahasa Inggris yang Dapat Kamu Gunakan

Kamu dapat memberikan rasa keakraban dengan menyebutkan nama orang yang sedang berulang tahun.

1. Happy birthday, John!

Kata yang digunakan untuk mengucapkan pesan/doa ulang tahun dalam Bahasa Inggris adalah “Wish”. Kata ini merupakan kata yang mengharapkan berkat bagi orang yang berulang tahun. Sepertinya akan terasa hambar dan “pelit kata” apabila kita hanya mengucapkan “Happy Birthday” saja. Oleh karena itu, agar ucapan yang kita berikan lebih bersahabat dan hangat maka kamu dapat mengubah ucapan yang biasa-biasa tersebut menjadi “Happy Birthday, John!”. Jangan ragu untuk meletakkan nama orang yang berulang tahun tersebut ya!

2. Happy birthday, mate! (Untuk sesama teman lelaki)
3. Happy Birthday, Sis! (Untuk sesama teman perempuan)



Pada saat teman dekatmu berulang tahun, kamu bisa mengucapkannya dengan kalimat "Happy birthday, mate!". Kalimat ini terdengar lebih akrab dibandingkan dengan mengucapkan “Happy Birthday, John”. Dan untuk sesama teman lelaki, kita dapat menggunakan kata “Mate”, “Buddy”, “Dude”, “Bro”. Apabila untuk sesame perempuan, kita dapat menggunakan kata "Dear friend", "Sweetie" , " Sis "

Kalimat lainnya yang dapat digunakan untuk melanjutkan “Happy Birthday”

"Happy birthday!" rasanya tidak cukup hanya ini saja, alangkah baiknya jika kamu menambahkan kalimat lainnya walaupun tidak sebagus kalimat-kalimat yang ada di kartu ucapan ulang tahun komersial. Yuk intip ungkapan-ungkapan tersebut.

4. Have a great day! (A nice day!)
5. Have A Good One! (Good a day!)
6. Hope It's A Good One! (Nice birthday to you as will!)
7. Hope you have a great day! (you like to be a great day!)

"Have a good day!" Kata "Day" dapat digantikan dengan "One", seperti menjadi "Have A Good One!". Dalam percakapan sehari-hari kalimat tersebut memiliki makna yang sama. Kalimat “Happy birthday! Have a good one !", memiliki makna yang sama dengan doa/keinginan baik yang diharapkan kepada orang yang sedang berulang tahun. Kalimat tersebut cukup mewakilkan segala doa/pesan dari kita.

"Hope" and "as you will -"

8. Hope you have a great day!

Pada saat mengucapkan harapanmu kepada orang yang sedang berulang tahun, kamu dapat menggunakan kata “As you will”, untuk mengungkapkan harapan bahwa segala harapan tersebut dapat terkabul. Namun biasanya kebanyakan orang lebih sering menggunakan kata “Hope” untuk mengungkapkan harapan bahwa hal yang baik akan terjadi kepada orang yang berulang tahun (“As you will” dan “Hope” memiliki arti yang sama). Untuk mengucapkan kalimat ini, terkadang orang lupa untuk menghilangkan kata “I”. Jadi kamu bisa mengucapkannya mulai dari kata “Hope ~”

Sebagai tambahan, kamu juga dapat mengganti kalimat setelah "Happy birthday! Hope have a great day" dengan "an awesome day", "a wonderful day", dan "an amazing day". Kamu bisa menggantinya dengan variasi yang lain pada pola kalimat ini. (“Happy birthday, hope have an awesome day”

9. Hope you have a blast!

Ungkapan lainnya adalah “Hope you have a blast”. Kata “Blast” memiliki arti harafiah seperti  ledakan angin. Namun ketika dimasukan ke dalam kalimat "have a blast" akan memiliki arti seperti "have a good time", dimana kamu mengharapkan orang yang berulang tahun dapat menikmati waktunya/apa yang sedang dikerjakan.



Kamu juga dapat menggunakan "Hope you have a wonderful year" sebagai pilihan kata yang lain.

10. Hope you have an amazing year ahead!

Kalimat ini dapat diganti pada bagian tengahnya menjadi "Special Day". Kata ini juga sering digunakan oleh sebagian orang pada ucapan ulang tahun.

11. Hope Your Special Day Is Filled With Happiness.
12. Hope You Enjoy Your Special Day.
13. Hope Your Special Day Is As Wonderful As You.
14. Hope Your Special Day Is Bright And Beautiful.



"I pray to" dan "Wish"

Sementara "Hope" mewakili "As you will ...", "Wish" memiliki arti secara harfiah sebagai doa agar sesuatu terjadi. Kedua kata ini memiliki arti yang mirip.

15. Wish You A Very Happy Birthday!
16. Wishing You The Best Birthday Ever!
17. Wishing You All The Best On Your Birthday!
18. Best Wishes To You On Your Birthday!

Poin penting yang perlu diketahui dalam penggunaan kata  “Wish” dan “Hope” dalam kalimat adalah struktur kalimat tersebut.

Kata “Wish” digunakan pada kalimat yang memiliki struktur, “ ... + kata ganti orang + kata benda”. Sedangkan “Hope” digunakan  pada kalimat dengan struktur, “ ... + Kata benda + Kata Kerja”.

Contoh penggunaan “Wish”, Wish + You (Kata ganti orang) + A Very Happy Birthday (Kata benda).
Contoh penggunaan “Hope”, Hope + Your Special Day (Kata Benda) + Is Filled With Happiness (Kata kerja).
Letakkan umur pada ucapan ulang tahun (Terutama pada ulang tahun ke-21)

19. Happy ◯ th birthday!

Ketika kamu memiliki teman yang berulang tahun ke-21, sebaiknya kamu mengucapkannya lengkap dengan umurnya, seperti "Happy ◯ Th Birthday!". Di beberapa negara seperti US dan New Zealand, ulang tahun ke-21 merupakan ulang tahun yang sangat penting, karena di usia ini merupakan usia dimana mereka sudah legal untuk minum dan sudah dianggap orang dewasa. Maka ucapan "Happy 21St Birthday!" adalah ucapan ulang tahun yang wajib diberikan pada temanmu yang berulang pada usia ke-21.



Ungkapan yang dapat digunakan apabila kamu telat mengucapkan selamat ulang tahun.



Terkadang mungkin saja kita lupa untuk mengucapkan ulang tahun kepada teman yang merayakannya. Biasanya akun Facebookmu masih menampilkan berita mengenai ulang tahun temanmu satu hari setelah hari ulang tahunnya. Kesempatan ini bisa kamu gunakan untuk mengucapkan selamat ulang tahun kepada orang yang berulang tahun tersebut. Ucapan selamat ulang tahun yang sudah telat dalam Bahasa Inggris disebut "Belated birthday wishes". Arti “ Belated” adalah telat/sudah lewat. Untuk ungkapan secara lengkapnya, kamu bisa lihat ungkapan-ungkapan ini.

20. Sorry It's Late ... But Happy Belated Birthday! Hope You Had A Good One!
21. Sorry, I Missed Your Birthday. Hope It Was A Great One!
22. Happy Belated Birthday! I'M Sorry I'M Late. I You Had A Hope Wonderful Birthday.
23. Happy Belated Birthday! I Hope Your Birthday Was As Special As You Are!
24. Happy Belated Birthday! Hope Your Day Was Really Special.
25. I Hope All Your Birthday Wishes Came True. Happy Belated Birthday!
26. Wishing You A Belated Happy Birthday!

Pada dasarnya tidak banyak perbedaan dengan ucapan ulang tahun biasanya, perbedaannya hanya pada penggunaan past tense, kamu dapat mengubahnya dalam bentuk "Hope you had a great day!”. Tambahkan kalimat ini ke dalam ucapan ulang tahun untuk temanmu, jangan hanya "I was late, Happy Birthday" atau "Sorry for the delay" saja. Hal ini agar ucapan ulang tahunmu lebih menarik lagi.

Ucapan ulang tahunmu akan lebih menarik jika dituliskan dalam sebuah kartu ucapan

Cobalah untuk menuliskan sebuah ucapan yang tidak biasa dengan menulisnya di sebuah kartu ucapan. Hal ini dapat membuat penerima kartu ucapan ini merasa special. Jangan lupa untuk menyisipkan beberapa pesan disamping ucapan “Happy Birthday”.

27. This Year May Be Even More Successful Than The Last.
28. May This Year's Birthday Be The Best Ever For You.
29. May Your Birthday And Every Day Be Filled With Love, Peace And Joy.
30. May All Your Birthday Wishes True Come.
31. May Your Special Day Be Better Than The Best You'Ve Ever Celebrated.
32. Hope Your Special Day Bring You All That Your Heart Desires.
33. Near Or Far Wherever You Are, My Best Wishes Are With You.
34. Many happy returns of the day!

Kata “May ~" merupakan bentuk formal dari kalimat harapan atas sesuatu yang akan terjadi pada diri seseorang. Tidak ada kartu ucapan ulang tahun yang istimewa melebih perasaan diberkati yang didoakan dari orang lain.



Akhir Kata

Akhir-akhir ini, kita dapat bebas untuk menggunakan media komunikasi seperti email atau Facebook untuk mengirimi dan mendapat ucapan ulang tahun. Ucapan ulang tahun bukanlah sebuah hal yang harus benar dan tepat. Kamu bisa gunakan berbagai macam bentuk dan ekspresi dalam mengucapkannya. Beberapa native speaker juga menyelipi candaan dalam ucapan ulang tahun ini. Karena kita bukan native speaker, mungkin saja terkadang kita sulit untuk memikir kata-kata baru lainnya seperti yang biasanya dilakukan oleh native speaker. Jangan ragu untuk memulai membuat ucapan dengan cara yang sederhana, mulai dari menggunakan kata “Wish” dan “Hope”.